Olahraga Untuk yang Punya Nafas Pendek


Napas pendek seringkali adalahkeluhan yang dipunyai oleh orang yang punya masalah dengan paru-parunya. Contohnya asma, emfisema, bronkitis kronis, kelainan otot dada, dan sebagainya. Beberapa orang yang merasakan hal ini seringkali menghindari kegiatan fisik atau olahraga supaya tidak semakin sesak. Padahal bukan berarti orang yang bernapas pendek tidak dapat olahraga. Ada sejumlah jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh orang dengan napas pendek.

Olahraga terbaik guna orang dengan napas pendek

Jika kita mempunyai napas pendek, sebelum mengawali olahraga usahakan konsultasikan dahulu situasi kesehatan kita ke dokter. Jika telah mendapatkan lampu hijau untuk mengerjakan olahraga, tidak boleh ragu lagi.

Prinsipnya, tidak boleh paksakan diri kita jadi semakin terengah-engah. Jika napas jadi semakin sesak, segera hentikan kemudian duduk dan atur napas kembali.

Ini sejumlah olahraga yang dapat Anda lakukan:

1. Yoga

Yoga ialah latihan yang tidak memerlukan tidak sedikit kapasitas jantung dan pembuluh darah. Yoga bisa dengan gampang disesuaikan dengan gerakannya supaya sesuai dengan kapasitas pernapasan masing-masing.

Peregangannya yang dinamis paling bagus guna bergerak tanpa mendongkrak detak jantung. Gerakan laksana ini paling aman guna menghindari terjadinya napas yang semakin pendek.

2. Jalan kaki

Berjalan ialah aktivitas jasmani paling simpel yang dapat dilakukan kapan saja, di mana saja, dan oleh siapa saja. Baik tersebut lansia, dewasa, dan anak-anak. Berjalan kaki ialah olahraga yang baik guna menyesuaikan dengan pola pernapasan.

Dengan menyesuaikan pola pernapasan, lama-lama Anda membina kapasitas bernapas yang lebih baik. Pastikan guna tidak memaksakan diri terlampau cepat berjalan. Berikan peluang pada tubuh Anda guna berjalan secara tertata dalam seminggu.

3. Berenang atau aerobik di air

Setiap jenis gerakan dalam air, entah tersebut berenang atau mengerjakan senam di dalam air, ialah aktivitas yang baik guna orang dengan napas pendek. Bahkan melulu berjalan di empang renang seraya menggerakan lengan pun dapat menolong Anda menyusun tingkat kebugaran semakin tinggi lagi sampai-sampai Anda tidak mudah merasakan sesak napas.

4. Tai chi

Dengan olahraga tai chi, bukan hanya kegiatan fisik yang didapatkan, tetapi teknik napas kita otomatis pun akan ikut terlatih. Dengan gerakan tai chi yang lambat dan elegan juga dapat menolong untuk rileks, mendinginkan pikiran, membetulkan postur, dan menjaga ekuilibrium tubuh.
Olahraga Untuk yang Punya Nafas Pendek Olahraga Untuk yang Punya Nafas Pendek Reviewed by akbar on Oktober 13, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.