4 Langkah Mudah Menghadapi Anak yang Susah Makan


Ada waktu di mana anak Anda akan sangat sulit untuk makan sehingga memancing kemarahan. Anda mengkhawatirkan anak akan kelaparan hingga masuk angin. Tingkah anak seperti ini sering sekali membuat Anda merasa frustrasi, untuk itu Anda perlu mengetahui langkah parenting anak berikut ini. Langkah ini dapat dilakukan dengan mudah. 

1. Membuat Camilan untuk Anak 

Anak akan susah makan seperti nasi hanya saja cenderung suka dengan camilan. Anda dapat mengatasi masalah sulit makan pada anak dengan membuatkan camilan yang memiliki kalori tinggi. Ini merupakan langkah yang tepat untuk membuat anak tetap mendapatkan asupan gizi yang cukup sepanjang hari. 

Anda bisa membuat camilan yang disukai oleh anak sebagai solusinya. Sesuaikan dengan kemampuan anak dalam memakan camilan. Misalnya jika masih berusia satu atau dua tahun dapat membuat olahan kentang yang lunak. Jika sudah lebih besar Anda bisa membuat makanan lainnya seperti bubur kacang hijau atau sejenisnya. 

2. Menu yang Bervariasi 

Anak yang tidak mau makan juga bisa disebabkan karena bosan dengan menu yang Anda buat. Nah, masalah ini bisa diatasi dengan membuat menu yang berbeda setiap harinya. Anda bisa mengkreasikan penyajiannya untuk membuat anak menjadi tertarik. Hanya saja tetap libatkan makanan yang disukai oleh anak. 

Misalnya anak suka dengan ayam maka lakukan variasi dari cara olahan ayam yang akan disajikan. Boleh hari ini dibuat sup, besoknya dijadikan goreng, atau masakan lainnya yang membuat anak mau memakannya. Libatkan anak dalam makanan yang dimasak juga dapat menjadi solusi. Anda bisa menanyakan pada anak besok ingin makan apa dan menurutinya. 

3. Berikan Kenyamanan 

Langkah parenting anak berikutnya agar mau makan dengan membuatnya merasa nyaman. Caranya dengan mengajak anak bermain lalu Anda meniupkannya sambil bermain sehingga anak tidak akan menolak. Perhatiannya tidak akan fokus pada makanan yang diberikan. 

Ajaklah anak bermain dan turuti kemana dia akan berjalan selama mulutnya masih dibuka dan bisa disuapkan nasi. Langkah ini memang melelahkan hanya saja demi anak agar ia mau makan apa pun bisa dilakukan orang tua agar anak bisa tumbuh dengan sehat. 

4. Berikan Suplemen 

Ketika anak tidak mau makan, Anda bisa menggunakan solusi terakhir dengan memberikan suplemen untuk membuat anak ingin makan. Suplemen ini akan membuat nafsu makan anak naik sehingga mengatasi masalah Anda dengan mudah. Hanya saja harus berhati-hati dalam memilih suplemen yang cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak. 

Langkah parenting anak ini bisa Anda terapkan secara bertahap dan disesuaikan dengan kondisi. Ketika suami sedang libur, Anda bisa membawa anak jalan-jalan untuk membuatnya mendapatkan suasana yang berbeda sehingga berdampak pada nafsu makannya. Berikan susu juga menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak.
4 Langkah Mudah Menghadapi Anak yang Susah Makan 4 Langkah Mudah Menghadapi Anak yang Susah Makan Reviewed by akbar on Oktober 15, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.