Tips Memilih "Skincare" Aman guna Ibu Hamil dan Menyusui


Perubahan hormonal ketika hamil seringkali memunculkan persoalan pada kulit.

Gangguan pada kulit yang dirasakan oleh ibu hamil mulai dari pigmentasi, hadir bintik hitam dan garis di perut, jerawat, sampai stretch mark. 

Sejumlah upaya dilaksanakan untuk meminimalisasi akibat perubahan situasi kulit ini, di antaranya dengan memakai produk kosmetik tertentu.

Jangan sembarangan dalam memilih kosmetik, pilih yang aman guna ibu hamil.

Di sebanyak akun sah produk kosmetik maupun online shop yang menjual sekian banyak  produk kosmetik, tidak sedikit pertanyaan soal produk yang aman guna ibu hamil.

Bagaimana memilih produk kosmetik dan skincare yang aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang pun pengajar di Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Jawa Tengah, dr Ismiralda Oke Putranti mengatakan, guna tak terdapat hambatan untuk ibu hamil dan ibu menyusui untuk menggunakan skincare atau kosmetik.

Akan tetapi, yang butuh diingat, pada ibu hamil dan ibu menyusui ada evolusi hormonal yang mengakibatkan kulit menjadi lebih sensitif.

Berikut sejumlah panduan guna memilih kosmetik yang aman guna bumil dan busui :

1. Pemakaian pelembab

Pelembab adalahproduk wajib guna ibu hamil dan ibu menyusui, yang bermanfaat menjaga kadar air dalam kulit sehingga meminimalisir risiko terjadinya stretch mark.

Stretch mark ini muncul andai volume otot, lemak, dan berat janin bertambah.

Di samping itu, pelembab pun dapat meminimalisir risiko iritasi pada kulit yang terlampau sensitif maupun kulit yang gampang terinfeksi.

2. Tabir surya

Tabir surya pun menjadi produk wajib untuk ibu hamil dan ibu menyusui, sebab saat hamil seringkali terjadi pigmentasi kulit, khususnya pada lokasi wajah. Hal ini menyebabkan melasma atau bercak berwarna gelap.

3. Gunakan produk cocok kebutuhan

Peningkatan kadar hormon pada masa kehamilan bakal memengaruhi penambahan sirkulasi darah dan sistem imun, tergolong di kulit.

Hal ini mengakibatkan kulit pada ibu hamil ingin lebih sensitif, gampang iritasi, maupun gampang terinfeksi.

Oleh sebab itu, dalam pemakaian kosmetik atau skincare mesti dicocokkan dengan keperluan dan secukupnya.

Pemakaian produk yang berlebihan pun akan memperparah iritasi bahkan dapat meningkatkan bisa jadi terjadinya reaksi alergi.

4. Hindari kosmetik atau skincare berbahan kelompok derivat

Bahaya dari kosmetik atau skincare yang berbahan kelompok derivat pada ibu hamil dapat menyebabkan kecacatan pada janin dan keguguran.

Sementara itu, produk yang berbahan derivat antara beda vitamin A, retinol, tretinoin, isotretinoin.

Jika ragu dalam memilih produk skincare atau kosmetik, usahakan konsultasikan untuk dokter spesialis kulit.
Tips Memilih "Skincare" Aman guna Ibu Hamil dan Menyusui Tips Memilih "Skincare" Aman guna Ibu Hamil dan Menyusui Reviewed by akbar on September 01, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.