Inilah Langkah Mudah Merawat Motor Vixion


Motor Vixion adalah motor dengan teknologi tinggi yang saat ini banyak digemari masyarakat. Motor ini dilengkapi juga dengan teknologi fuel injection selain membuat motor lebih irit juga bisa menambah peforma motor. Tentunya motor Yamaha Vixion ini juga membutuhkan perawatan. 

Perawatan motor Yamaha Vixion 

Perawatan motor menjadi hal yang wajib diketahui pengguna motor, jika tidak maka akibatnya Anda perlu biaya lebih mahal untuk pergi ke bengkel memperbaiki bagian yang rusak pada motor. 

Rata-rata masih banyak orang yang belum mengetahui cara merawat motor walaupun hal kecil sekalipun. Karena tidak memperhatikan hal kecil tersebut, maka akibatnya terjadi kerusakan yang berat pada motor. Ini juga berbahaya bagi Anda pengguna motor ketika berkendara di jalan. 

Ini dia beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat motor Vixion : 

Panasi motor setiap pagi 

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memanasi motor. Tujuan pertamanya adalah agar pembakaran yang berlangsung pada ruang pembakaran bisa berjalan sempurna. Tujuan kedua yaitu agar oli mesin bisa menyebar ke seluruh bagian mesin dan bisa melapisi semua komponen mesin hingga ke celah terkecil. 

Misalnya yang terdapat pada piston dan dinding piston. Oli yang terdiam pada satu malam bisa kembali mengental, maka dari itu perlu dilakukan pemanasan motor agar oli menjadi lebih cair dan dapat mudah masuk ke celah kecil tersebut. 

Memberi pelumas dan cek jarak bebas rantai 

Banyak orang yang melupakan hal ini. Melakukan pengecekan rantai menjadi faktor penting selain rem untuk keselamatan berkendara. Rantai yang kendor akan mudah lepas dari jalurnya atau Gir ketika berada dalam kecepatan tinggi yang dapat berakibat mengunci roda dan motor akan sulit dikendalikan. Ini bisa berpotensi untuk terjatuh. Untuk rantai yang kering bisa berpotensi lebih cepat aus dan mudah putus. 

Jangan sampai tangki bahan bakar kosong 

Selanjutnya yaitu jangan sampai membiarkan tangki bahan bakar kosong. Ini menjadi faktor penting untuk merawat injeksi motor. Karena di dalam tangki motor, terdapat pompa bahan bakar yang berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar melalui selang kecil menuju injeksi. 

Jika tangki dalam keadaan kosong, maka besar kemungkinan kotoran yang ada akan mengendap dalam tangki dan dapat masuk ke selang kecil tersebut. Ini akan mempengaruhi kinerja infeksi. 

Mengganti oli dan filter oli 

Tips selanjutnya untuk merawat motor Vixion adalah mengganti oli secara rutin. Ini berfungsi agar motor semakin awet. Usahakan untuk mengganti maksimal setelah motor menempuh jarak 4000 KM. Untuk penggantian filter oli bisa Anda lakukan dengan melihat kondisi dari filter oli tersebut. Jika keadaannya sudah ada yang berlubang atau tersumbat maka wajib untuk diganti. 

Penggunaan Aki 

Perlu untuk dihindari penggunaan aksesoris tambahan yang menggunakan arus listrik besar, misalnya menggunakan lampu HID atau klakson besar. Karena motor injeksi sendiri sudah menghabiskan daya listrik yang besar, maka penggunaan aksesoris tambahan bisa memperpendek umur aki. 

Perhatikan Air Radiator 

Motor Vixion memakai sistem pendingin mesin radiator, maka dari itu Anda perlu untuk memperhatikan air radiator agar tidak habis dan mengganti cairan tersebut ketika sudah menempuh jarak 10 ribu KM. Karena cairan radiator memiliki zat agar tidak terjadi karat pada radiator, maka Anda harus mengganti walaupun cairan tersebut belum habis. 

Mengganti filter udara 

Mengganti filter udara juga perlu untuk dilakukan setelah motor menempuh jarak kurang lebih 10 ribu KM. Untuk Anda yang berada pada daerah berdebu, mengganti filter perlu untuk sering dilakukan karena bisa mengganggu kinerja injeksi. 

Demikianlah beberapa langkah mudah merawat motor Vixion yang bisa Anda terapkan. Mengingat motor bukanlah benda yang murah, pastikan Anda rajin dan rutin merawat motor ya. Dengan begitu motor bisa awet dan tetap memiliki kinerja yang baik meski sudah berumur.
Inilah Langkah Mudah Merawat Motor Vixion Inilah Langkah Mudah Merawat Motor Vixion Reviewed by akbar on September 21, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.