Pesawat Delay? Jangan Emosi dulu! Ini Hak yang Bisa Kamu Dapatkan!

Sumber foto: https://s-i.huffpost.com/gen/1179557/images/o-DELAYED-FLIGHTS-facebook.jpg
Namanya manusia pasti agak emosi saat tau pesawat yang akan kamu naiki tiba-tiba delay. Tapi, cari pesawat murah, kalau delay wajar gak, sih? Hemm... Terlepas dari harga pesawat murah atau tidak, delay-nya suatu pesawat bisa juga diakibatkan karena bencana alam. Seperti gunung meletus, gempa bumi, ataupun cuaca buruk yang sangat tidak mendukung penerbangan. Bencana alam ataupun cuaca buruk memang gak bisa ditebak, kalau pesawat delay kita bisa apa? Jangan pasrah gitu, dong! Kamu punya hak istimewa saat pesawatmu delay, lho! bahkan sudah ada dalam peraturan menteri nomor 77 tahun 2011 tentang tanggung jawab pengangkut angkutan udara. Penasaran? Langusng disimak, nih!

Sumber foto: https://media.cntraveler.com/photos/57b1ddf87443947d28477866/master/pass/GettyImages-93466101.jpg

Delay Kurang dari 4 Jam

  • Delay 30 menit – 90 menit. Ini adalah durasi delay yang paling sering terjadi, gak peduli kamu terbang dengan usaha cari pesawat murah ataupun tidak. Para penumpang biasanya mendapatkan makanan dan minuman ringan seperti roti dan air mineral. Lumayan buat nyemil-nyemil, lah.
  • Delay 90 – 180 menit. Kalau kamu mengalami delay ini maka kamu berhak mendapatkan makanan ringan, serta minuman lengkap dengan makanan beratnya. Jadi, gak ada lagi istilah lapar. Oh, iya, kamu juga bisa dapat fasilitas pengalihan maskapai, lho. jadi, kamu akan dialihkan ke maskapai lain pada penerbangan berikutnya tanpa biasa sama sekali.
  • Delay > 180 menit. Penumpang biasanya sudah mulai emosi, nih. Mulai berkata kasar.. tahan dulu.. sabaaaarrr.. kamu tetap dapat makanan ringan dan makanan berat, serta dapat dipindahkan ke maskapai lain dan diberi fasilitas akomodasi jika harus terbang keesokan harinya. Coba tanya baik-baik ke pihak maskapainya, deh.
  • Pembatalan penerbangan. Emosi makin menjadi-jadi pemirsa! Pihak maskapai akan memindahkan ke maskapai dan menanggung biaya penginapan kamu, kok. Bagi kamu yang sudah terlanjur emosi dan gak mau nerima kompensasi, maka kamu berhak mendapatkan pengembalian tiket dari maskapai, balik modal gitu, deh, jadi bisa cari pesawat murah lainnya.
Sumber foto: http://www.travelweek.ca/wp-content/uploads/2016/01/01.12_AirportDelays.jpg

Delay Lebih dari 4 Jam

4 jam?! Harusnya sudah sampai ke tempat tujuan tapi kamu masih terdampar di bandara? Haduh.. tiba-tiba terngiang lagunya BCL, kuingin marah~~ Langsung cari pesawat murah atau sabar dulu? Sabar! Baca dulu hak-hakmu kalau sampai delay lebih dari 4 jam.

  • Delay lebih dari 4 jam, maka kamu berhak mendapat uang ganti rugi sebesar Rp 300.000 per orang. Lumayan, kan?
  • Selain pengembalian uang, biasanya maskapai akan menawarkan penerbangan dengan tujuan lain yang terdekat. Bukan hanya itu aja, penumpang juga dapat uang ganti rugi sebesar 50% sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku atau sekitar Rp 150.000 per penumpang dengan tujuan paling dekat. Jadi kamu gak perlu repot cari pesawat murah lainnya.
  • Hak lainnya adalah kamu akan dialihkan ke penerbangan berikutnya atau dengan maskapai lainnya. Tenang! Gak akan dikenakan biaya, kok. Semua ditanggung pihak maskapai, bahkan jika harus menggunakan pesawat dengan kelas yang lebih tinggi. Enak banget! Kalau malah downgrade atau turun kelas gimana dong? Jangan sedih, selisih harga bisa kamu dapatkan kembali! 
Iya, tau.. berantem itu emang enak, apalagi kalo keroyokan. Tapi ingat! Dosa... Masalah keterlambatan pesawat memang menjadi topik yang selalu dicari jalan keluarnya. Cari pesawat murah atau mahal, kalau ujung-ujungnya telat mau dikata apa.. hemm.. Daripada bengong-bengong gak jelas mending buka blog Mister Aladin aja. Banyak hal menarik yang belum kamu ketahui, lho! Mau apa ke mana aja? #gampang!
Pesawat Delay? Jangan Emosi dulu! Ini Hak yang Bisa Kamu Dapatkan! Pesawat Delay? Jangan Emosi dulu! Ini Hak yang Bisa Kamu Dapatkan! Reviewed by akbar on Agustus 03, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.