4 Museum Unik dengan Nama Maestro Seni Rupa Indonesia


Pekerjaan sebagai seniman tentu tidak sedikit melahirkan karya-karya yang menarik dibidangnya. Lima maestro seni rupa Indonesia ini diabadikan menjadi nama museum yang pun meyimpan sekian banyak  karya miliknya.

Ragam karya seni menciptakan museum-museum ini bertolak belakang dari museum biasanya. Sekilas laksana pameran seni dalam museum, dengan sentuhan hiasan seni di tiap ruang-ruangnya.

Meski semua maestro seni telah tidak terdapat ataupun telah tidak aktif lagi, tetapi karya dan kekhasan seninya masih dapat dinikmati sampai ketika ini oleh wisatawan.

Bagi penyuka seni, atau yang hendak mencuci mata dengan sekian banyak  karya seni apik, wajib mendatangi lima tujuan ini.

Berikut KompasTravel rangkum kelima museum seni, yang dipungut dari nama maestro seni rupa Indonesia:

1. Museum Sindusudarsono Sudjojono

Museum ini bertempat di Jala Raya Pasar Minggu, Km 18, Jakarta Selatan. Museum ini mengandung puluhan karya kepunyaan maestro S. Sudjojono.

Pemilik nama museum ini bermunculan di Kisaran, Sumatera Utara, pada 14 Desember 1913. Selain familiar sebagai pelukis, S. Sudjojono pun mempunyai pengetahuan luas mengenai seni rupa dan menjadi kritikus seni rupa kesatu di Indonesia.

Salah satu lukisan fenomenalnya berjudul “Pasukan Kita yang Dipimpin Pangeran Diponegoro” terjual ekuivalen Rp 85,7 miliar.

Museum ini buka mulai pukul 09.00-15.00 WIB, tutup pada hari Senin dan Libur Nasional.

2. Ciputra Art Museum Hendra Gunawan

Museum ini sedang di atas elevasi mal elit di segitiga emas Jakarta, tepatnya di lantai sangat atas Lotte Avenue, dalam area Ciputra World.

Art museum ini ialah bagian dari Ciputra Artpreneur, salah satu tujuan yang menyajikan sekian banyak  seni ruang belajar dunia dari Indonesia. Di samping museum, di lokasi yang didedikasikan guna seni ini, ada pula galeri, ruang teater berskala internasional serta ruang serba guna.

Salah satu karakteristik sang maestro Hendra Gunawan, di sini merupakan lukisan-lukisan kehidupan rakyat Indonesia. Salah satu karya terkenalnya berjudul “Bathing in the Shower”.

Museum ini buka mulai pukul 12.00 – 18.00 WIB. Tiket masuk wisatawan umum Rp 30.000, wisatawa mancanegara Rp 50.000, dan pelajar Rp 15.000.

3. Museum Basoeki Abdullah

Museum ini terletak di Jalan Keuangan Raya No 19, RT.7/RW.5, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Museum Basoeki Abdullah mengandung lukisan dan koleksi individu Basoeki Abdullah laksana patung, topeng, wayang dan senjata. Museum ini dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sang maestro bermunculan di Surakarta, Jawa Tengah pada 25 Januari 1915. Merupakan seorang pelukis familiar di Indonesia beraliran realis serta familiar sebagai pelukis di Istana Merdeka Jakarta yang karya-karyanya menghiasi Istana Negara dan Istana Kepresidenan Indonesia.

Berbagai karya fenomenalnya ada di museum tersebut. Salah satunya replika lukisan Ratu Belanda, Juliana, yang dibuatnya pada 1948 yang sudah menjadi koleksi Istana Kerajaan Belanda.

4. Museum Affandi Kusuma

Museum Affandi adalahsalah satu museum seni di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya sedang di Jalan Laksda Adisucipto nomor 167, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Museum yang berada di ambang Sungai Gajah Wong ini menyimpan sekian banyak  macam lukisan karya Affandi, dengan total 300 buah lukisan. Selain sekian banyak  macam lukisan, di museum besar ini pun ada karya-karya lainnya dari sejumlah seniman rekan almarhum Affandi.

Sang maestro sendiri telah mencetuskan 2.000 lukisan sepanjang hidupnya. Sejak 1950 karyanya sudah tidak jarang dipamerkan secara tunggal di sekian banyak  negara Asia, Eropa, dan Amerika.

Museum ini buka Senin-Sabtu mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Tiket masuk sebesar Rp 20.000 telah mendapat soft drink atau es krim cone.
4 Museum Unik dengan Nama Maestro Seni Rupa Indonesia 4 Museum Unik dengan Nama Maestro Seni Rupa Indonesia Reviewed by akbar on Agustus 21, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.