EPS Mudahkan Pengusaha Bayar BPJS Ketenagakerjaan

Sejak tahun 2015 yang lalu, pemerintah mewajibkan kepada seluruh perusahaan untuk ikut program BPJS untuk pemerataan Program Jaminan Sosial. Maka dari itu tiap pegawai maupun karyawan perusahaan wajib turut serta dan ikut bayar BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan 4 manfaat antara lain, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan Jaminan Pensiun. Dalam hal ini, pengusaha selaku pemilik perusahaan tempat para pekerja bernaung wajib mendaftarkan diri dan karyawannya pada program BPJS.

Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Melalui EPS

Mungkin proses pembayaran yang merepotkan bisa jadi alasan utama para pengusaha enggan untuk ikut serta dalam program sosial ini. Nyatanya, saat ini cara bayar BPJS ini sudah semakin mudah. Memang sebelumnya, cara pembayaran terkesan berbelit dan kurang efisien. Pengusaha yang menghargai setiap waktunya harus menggunakan semacam Virtual Account (VA) dimana baik pihak perusahaan dan BPJS harus berkoordinasi untuk memilah berbagai iuran, diantaranya JHT, JKK dan JKm.

Seiring dengan perkembangannya, saat ini BPJS Ketenagakerjaan telah berbenah dengan memberlakukan sistem pembayaran iuran yang makin praktis dan efisien, yaitu lewat sistem yang disebut Electronic Payment System (EPS). Dengan sistematika bayar BPJS terbaru ini, maka sistem jaminan sosial menjadi lebih transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Namun manfaat utamanya adalah semakin memudahkan peserta untuk membayar iuran. Layanan elektronik ini memberikan sistem pembayaran yang terpisah-pisah sesuai program yang ingin dibayar.

Yang perlu Anda ketahui adalah, untuk dapat menikmati layanan EPS ini peserta harus melakukan pendaftaran pada halaman resmi EPS BPJS yaitu di eps.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs Selanjutnya, proses pendaftaran EPS akan dilanjutkan dengan cara:
  • Input NPP (Nomor Pendaftaran Perusahaan) Anda
  • Input email yang akan digunakan sebagai email login akun EPS (email resmi perusahaan Anda)
  • Verifikasi Robot dengan mengerjakan kode captcha kemudian pilih “Register”
  • Selanjutnya muncul “Pilih Perusahaan” jika NPP yang diketikkan tadi sudah benar dan belum pernah didaftarkan sebelumnya
  • Ketikkan nama kontak perusahaan, kemudian klik NPP yang ingin didaftarkan
  • Tekan “Register” lagi kemudian lakukan konfirmasi
  • Tekan “OK” hingga muncul pemberitahuan untuk pengiriman email verifikasi
  • Berpindah ke email yang Anda gunakan untuk mendaftar, periksa kotak masuk, periksa email aktivasi e-Payment System BPJS Ketenagakerjaan berjudul “Aktivasi Aplikasi Online E-Payment System”
  • Salin PIN yang tertera dalam link aktivasi
  • Selanjutnya Anda masuk kembali ke laman login Aktivasi EPS
  • Ketikkan email pendaftaran Anda dengan PIN yang Anda salin tadi
  • Tekan “Start Login” dan segera lakukan penggantian PIN di halaman “Ganti PIN”
  • Cara ganti PIN dengan ketik PIN lama lalu masukkan PIN baru 2X
  • Pastikan Anda sudah memeriksa setiap kolom telah terisi, selanjutnya tekan tombol “Ganti PIN”
  • Proses Registrasi EPS pun selesai dengan pemberitahuan “End of Procedure”

Selesai dengan proses di atas, maka Anda telah selesai mendaftarkan diri pada sistem EPS untuk selanjutnya melakukan proses bayar BPJS. Untuk melakukan pembayaran, Anda akan diminta unutk membuat Kode Iuran. Kode ini dibuat dengan cara menginput Rincian Iuran BPJS Ketenagakerjaan dengan proses yang tidak terlalu rumit dan mudah sekali unutk dipelajari.

Itulah tadi cara untuk bayar BPJS Ketenagakerjaan yang semakin mudah berkat EPS. Dengan kemudahan ini, sebaiknya para pengusaha segera mendaftarkan diri dan karyawannya karena sanksi yang dikenakan juga sangat beresiko dari sanksi administrasi, rekomendasi pencabutan SIPU sampai pidana 8 tahun dengan denda Rp 1 miliar.
EPS Mudahkan Pengusaha Bayar BPJS Ketenagakerjaan EPS Mudahkan Pengusaha Bayar BPJS Ketenagakerjaan Reviewed by akbar on Juli 06, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.