Hadapi Tanjakan atau Turunan, Sopir Mobil Matik Harus Tahu Ini

Kebutuhan bakal mobil dengan transmisi otomatis ketika ini semakin meningkat. Terlebih, dengan situasi lalu lintas di kota besar, laksana Jakarta dengan kepadatan yang paling luar biasa.

Dengan memakai transmisi otomatis, pengemudi akan paling mendapatkan fasilitas dan kesukaan dalam berkendara. Namun, ketika di tanjakan atau turunan, masih tidak sedikit pengendara yang belum dapat mengoptimalkan tenaga dari mobil bertransmisi otomatis.

Berikut, tiga tips gampang untuk memaksimalkan tenaga saat situasi jalan menanjak dan menurun, seperti dikutip pressroomtoyotaastra.com :

1) Gunakan tombol over drive (O/D)

Over Drive (O/D) adalahopsi yang dicantumkan pada jenis transmisi otomatis. Opsi O/D dipakai ketika mesin memerlukan putaran mesin lebih tinggi, terutama pada posisi menanjak dan melampaui kendaraan.

Pengoperasian pilihan O/D mempunyai cara bertolak belakang disetiap kendaraan. Namun, guna produk Toyota, pilihan O/D dihadirkan melewati tombol pada unsur bawah pengunci tombol perseneling. Bagi mengaktifkannya, melulu menekan tombol itu lalu mesin menyesuaikan sampai putaran tinggi.

2) Pindahkan tuas ke posisi rendah

Transmisi otomatis memiliki sejumlah langkah posisi yang dicocokkan menurut keperluan berkendara. Kontur jalan tidak jarang kali tidak dapat ditebak oleh pengendara, untuk tersebut transmisi otomatis dilengkapi dengan opsi percepatan terendah yang dikenal dengan posisi 1/L (low).

Pada posisi 1/L (low), percepatan ditata untuk menghasilkan torsi lebih maksimal sesuai keperluan tenaga. Sementara guna kontur jalan menurun, posisi 1/L (low) menolong pengereman melewati engine brake.

Sementara guna kontur jalan menanjak landai, usahakan pindahkan tuas pada posisi 2/S (Second). Pada posisi tersebut, menghasilkan kombinasi tepat antara torsi dan tenaga untuk mengerjakan penanjakkan.

3) Gunakan eksodus semi-manual (Sport Sequential Shiftmatic/ Paddle Shift)

Perkembangan teknologi menjadikan pilihan semi-manual atau di Toyota dinamakan Sport Squential Shiftmatic, sebagai varian dari transmisi otomatis. Semi-manual, menghadirkan eksodus percepatan laksana pada transmisi manual tanpa memasuki pedal kopling.

Transmisi otomatis dengan Sport Squential Shiftmatic, mempermudah pengendara guna mendapatkan tenaga lebih maksimal dengan mengerjakan perpindahan percepatan seperti melalui perbukitan dengan kontur jalan menanjak dan menurun.

Untuk menggiatkan Sport Squential Shiftmatic, pengendara melulu memindahkan tuas pada posisi S (sport) atau M (Manual), lantas tuas itu digerakkan maju serta mundur untuk eksodus percepatan.

Hadapi Tanjakan atau Turunan, Sopir Mobil Matik Harus Tahu Ini Hadapi Tanjakan atau Turunan, Sopir Mobil Matik Harus Tahu Ini Reviewed by akbar on Juni 04, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.