Destinasi "Traveling" Seperti Apa yang Cocok saat Puasa?



Traveling ketika puasa bukanlah tidak mungkin. Anda dapat memilih destinasi-destinasi yang tidak menghabiskan tenaga, pun memberi makna lebih guna puasa Anda. Traveling ketika puasa juga dapat membuat Andamenikmati tantangan atau fasilitas berpuasa di tempat-tempat lain. KompasTravel merangkum sejumlah tips memilih tujuan yang cocok untuk traveler ketika berpuasa.

1. Pilih Negara/Destinasi Muslim atau Mayoritas Muslim

Anda dapat merasakan kebiasaan negara atau tujuan setempat ketika Ramadhan. Terutama kebiasaan berbuka puasa, dan hidangan-hidanganmenarik yang melulu muncul ketika Ramadhan. Di Indonesia sendiri tidak sedikit destinasi yang menyuguhkan tradisi khusus sekitar bulan Ramadhan, terutama ketika berbuka puasa. Mulai dari Aceh, Padang, dan kampung-kampung arab bustaman yang terdapat di sekian banyak  kota. Untuk destinasi negara, Anda dapat mengunjungi Malaysia, Turki, Saudi Arabia, China unsur selatan, dan masih tidak sedikit lagi.

2. Pilih Negara dengan Jam Puasa Pendek

Anda dapat mencoba berpuasa di Australia, atau Selandia Baru yang mempunyai waktu puasa lebih pendek dari Indonesia. Selain menyerahkan pengalaman baru, pastinya traveling ke negara ini tidak bakal membuatmu lebih lelah dari traveling di Indonesia. Dibandingkan dengan umat muslim di belahan bumi utara, penduduk Australia dan Selandia Baru merasakan durasi puasa lebih pendek yakni sekitar 11 jam per hari. Mulai pukul 5.58 pagi hingga 18.31 ketika berbuka puasa.

3. Negara Non-muslim yang Memiliki Komunitas Muslim

Mungkin kita penasaran bagaimana rasanya berpuasa sebagai minoritas. Tentunya kita akan menikmati tantangan tersendiri. Bukan tidakbarangkali kekeluargaan di dalam komunitas paling erat, sehingga dapat memberikan makna mendalam ketika berpuasa di sana.

4. Destinasi Wisata yang Menawarkan "Volunturism"

Menjadi sukarelawan ketika berpuasa pastinya akan meningkatkan pahala. Agenda traveling kita pun bakal bernilai lebih saat berangjangsana ketujuan tersebut. Di Indonesia sudah tidak sedikit konsep liburan sembari menjadi relawan. Mulai dari melatih di desa wisata, menolong warga bercocok tanam, sampai wisata sembari jadi relawan konservasi fauna langka.

5. Destinasi Wisata yang Sejuk

Cuaca terik baiknya dihindari ketika traveling pada bulan Ramadhan,supaya tidak menghabiskan energi Anda. Banyak lokasi sejuk di Indonesia yang menawarkan lanskap menakjubkan, laksana Dieng Plateau, Ranu Pani, Puncak Bogor, Ijen, dan lain-lain.

6. Berkunjung ke Negara yang Memiliki Arti Khusus Saat Ramadhan

Ada kegiatan yang memiliki makna khusus andai Anda kerjakan di bulan Suci Ramadhan. kita tentu dapat melakukannya sembari ke negara atauwilayah tertentu. Seperti umrah ke Mekah.


Destinasi "Traveling" Seperti Apa yang Cocok saat Puasa? Destinasi "Traveling" Seperti Apa yang Cocok saat Puasa? Reviewed by akbar on Mei 28, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.